Jumat, 04 Mei 2012

Kumpulan Tutorial jQuery Untuk Wordpress I Tutorial Wordpress

2 komentar
Kumpulan Tutorial JQuery Pada WordPress 

Tutorane -Pada postingan ane kali ini, ane akan memberikan Tutorial jQuery Untuk Wordpress I Tutorial Wordpress., Mengapa tidak untuk blogspot saja? hehe karena saya sudah membuat tutorial blog lebih banyak dari pada wordpress maka ane ingin menyeimbangkan keduanya, jadi selain tutorial blog juga ada tutorial wordpress :D.Seperti ane kutip dari Margasatrya.com dengan beberapa perubahan sebagai berikut Tutorial jQuery Untuk Wordpress I Tutorial Wordpress :

1. Memasukkan jQuery ke Wordperss

Memasukkan jQuery ke Wordperss
Memasukkan jQuery ke Wordperss
Jika kamu sudah mendownload jQuery langkah seharusnya pasti menguploadnya ke server kamu pada file header.php di bagian <head>. Namun terkadang cara tersebut menimbulkan error. Pada tutorial ini kamu akan dijelaskan bagaimana memasukkan jQuery ke wordpress yang tidak menimbulkan error.

2. Menampilkan Random Post (dengan AJAX)

Menampilkan Random Post (dengan AJAX)
Menampilkan Random Post (dengan AJAX)
Dalam tutorial ini akan dijelaskan cara menampilkan random post dengan AJAX refresh. Ternyata caranya cukup mudah setelah melihat tutorial ini. Kita diberikan library jQeuery lengkap disana.

3. Mendesain Featured Content Slider Elegan dengan jQuery

Mendesain Featured Content Slider Elegan dengan jQuery
Mendesain Featured Content Slider Elegan dengan jQuery
Dalam tutorial ini, kamu akan diajak mendesain feature content berdasarkan The Coda Slider. Efek yang dihasil sangat indah dan fleksibel.kamu bisa mencobanya dengan mengikuti tutorial ini.

4. Membuat Menu jQuery Menarik dengan Efek Fadein Fadeout

Membuat Menu jQuery Menarik dengan Efek Fadein Fadeout
Membuat Menu jQuery Menarik dengan Efek Fadein Fadeout
Pada tutorial ini kita akan membuat menu navigasi pada blog kita menggunakan jQuery yang menghasilkan efek fade in dan fade out. Dalam pengerjaannya kita membutuhkan pengetahuan CSS yang baik untuk menciptakan desain menu sesuai keinginan kita.

5. Membuat Highlight Test pada Halaman Pencarian Blog

Membuat Highlight Test pada Halaman Pencarian Blog
Membuat Highlight Test pada Halaman Pencarian Blog
Dari gambar diatas sudah bisa mewakili maksud dari tutorial ini. Kita akan membuat hasil halaman pencarian blog kita dengan efek text yang dicari akan terblok/ tersorot baik judul maupun isi posting dengan warna sesuai keinginan kita.

6. Membuat Feature Post Slideshow

Membuat Feature Post Slideshow
Membuat Feature Post Slideshow
Dalam tuts ini akan diajarkan membuat feature post dalam bentuk slideshow dengan memanfaatkan jQuery. Disini kita akan memanfaatkan plugin jQuery Cycle. Penjelasan lebih lanjut silahkan mengikuti petunjuk pada tutorial ini.

7. Membuat Sliding Panel Sederhana pada WordPress

Membuat Sliding Panel Sederhana pada WordPress
Kumpulan Tutorial jQuery pada WordPress
Disini akan dijelaskan membuat sliding panel yang didalamnya berisi form login dan link untuk mendaftar. Defaultnya akan dipasang dibagian atas blog dan jika diklik akan bergeser ke bawah dan terlihat form loginnya.

8. Dasar Membangun Layout Newspaper pada WordPress dan jQuery

Dasar Membangun Layout Newspaper pada WordPress dan jQuery
Dasar Membangun Layout Newspaper pada WordPress dan jQuery
Theme grid dan magazine mulai banyak digemari para pengguna wordpress. Disini akan dijelaskan bagaimana menggunakan layout grid memanfaatkan jQuery.

9. Membuat Tombol Theme Switcher

Membuat Tombol Theme Switcher
Membuat Tombol Theme Switcher
Tombol theme switcher adalah tombol untuk mengubah theme yang dipakai sehingga pembaca bisa memilih theme yang sesuai kesukaannya. Dengan tombol ini diharapkan akan mengurangi tingkat kebosanan pembaca tetap blog terhadap desain blog kita. Tombol ini digunakan pada website ANidea.

10. Membuat Menu Tab pada Sidebar dengan jQuery 
Membuat Menu Tab pada Sidebar dengan jQuery
Membuat Menu Tab pada Sidebar dengan jQuery

Kamu mungkin sering menemukan blog dengan menu tab pada sidebar seperti gambar diatas. Tutorial ini akan membahas bagaimana cara membuat menu tab tersebut.

11. Membuat Recent Post dengan Excerpt

Membuat Recent Post dengan Excerpt
Membuat Recent Post dengan Excerpt
Blog wordpress menyediakan widget recent post dengan menampilkan judulnya saja. Namun disini akan dijelaskan membuat recent post yang dilengkapi dengan excerpt / kutipan dari postingnya.

12. Membuat Carousel jQuery dengan Post WordPress

Membuat Carousel jQuery dengan Post WordPress
Membuat Carousel jQuery dengan Post WordPress
Dalam tutorial ini kita akan diajarkan membuat Carousel sederhana dengan mudah. Disini kita akan memanfaatkan plugin jFlow dan kita bisa mengatur posting dari kategori yang kita tentukan.

13. Membuat Validator pada Form Komentar dengan jQuery

Membuat Validator pada Form Komentar dengan jQuery
Membuat Validator pada Form Komentar dengan jQuery
Maksud tutorial ini adalah membuat semacam pengecekan instant terhadap text yang diisikan pada form komentar. Misalkan pada field nama kita membatasi jumlah karakter minimal dan maksimal, jika teks yang dimasukkan kurang dari nilai minimal dan lebih dari nilai maksimal maka akan muncul report secara instant di dekat form seperti pada gambar diatas.

14.  Membuat Halaman Login dengan jQuery

Membuat Halaman Login dengan jQuery
Membuat Halaman Login dengan jQuery
Dengan cara sederhana kita akan diajarkan membuat halaman login dengan memanfaatkan jQuery. Dengan menggunakan jQuery lightbox kita akan mempermudah pembaca dalam proses loginnya.

15. Membuat Widget Twitter dengan jQuery

Membuat Widget Twitter dengan jQuery
Membuat Widget Twitter dengan jQuery
Dengan melihat gambar diatas ane tidak perlu menjelaskan lebih lanjut bukan?

16. Mengambil Posting dengan jQuery dan AJAX

Mengambil Posting dengan jQuery dan AJAX
Mengambil Posting dengan jQuery dan AJAX
Maksudnya kita akan membuat sebuah halaman yang memungkinkan pembacanya memilihpost tertentu untuk ditampilkan dalam  satu halaman menggunakan AJAX.

17. Melipat / Menyembunyikan Komentar pada WordPress

 Melipat / Menyembunyikan Komentar pada WordPress
Melipat / Menyembunyikan Komentar pada WordPress
Jika blog kamu termasuk blog dengan komentar yang banyak bisa lebih dari 100 dengan tutorial ini kamu bisa memperpendek halaman single postnya dengan melipat komentar menggunakan jQuery. Cara lain anda bisa mengatur jumlah komentar dalam 1 halaman single.

18. Membuat Featured Sliding Content

Membuat Featured Sliding Content
Membuat Featured Sliding Content
Kamu bisa membuat sliding content seperti gambar diatas pada blog dengan mengikuti tutorial ini. Kamu akan diberikan source code untuk ini dan dengan 5 menit Kamu bisa membuat content sliding tersebut di blog Kamu.

19. Membuat Contact Form dengan jQuery Tanpa Plugin

Membuat Contact Form dengan jQuery Tanpa Plugin
Membuat Contact Form dengan jQuery Tanpa Plugin
Langsung saja menuju tutorial ini jika kamu ingin melengkapi blog kamu dengan form kontak menggunakan jQuery.

20. Membuat Show/Hide Widget

Membuat Show/Hide Widget
Membuat Show/Hide Widget
Seperti pada cms joomla yang bisa menampilkan dan menyembunyikan area pada widget tertentu, kamu juga bisa mengaplikasikan cara tersebut pada wordpress dengan mengikuti tutorial ini.

Itulah Tutorial jQuery Untuk Wordpress I Tutorial Wordpress yang ane kutip dari margasatrya.com yang tentunya dengan ane sunting terlebih dahulu.

Ditulis Oleh : Ikhbal Gusri

Artikel Kumpulan Tutorial jQuery Untuk Wordpress I Tutorial Wordpress ini ditulis oleh Ikhbal Gusri pada hari Jumat, 04 Mei 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Kumpulan Tutorial jQuery Untuk Wordpress I Tutorial Wordpress dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Dapatkan Widget Ini ! ::

2 Responses so far

  1. widyana says:

    Wih atikelnya keren2 nih.. berkunjung juga ke blog kita ya kak :D

  2. wah mantap gan jangan lupa mampir di lihat2 jam tangan murah dan keren yaaaa

Leave a Reply

Berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan santun,dilarang menautkan link hidup dan komentar yang admin anggap SPAM akan dihapus.